Saturday, January 26, 2013

Pengertian dan Fungsi MAN (Metropolitan Area Network)


Pengertian dari MAN (Metropolitan Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang besar dan luas yang biasanya digunakan didalam area seperti sekolah, kampus, mall dan bahkan bisa juga kota. Sebetulnya ada dua jenis koneksi yang biasanya digunakan yaitu yang pertama adalah koneksi dengan cara menggunakan wireless dan yang kedua menggunakan kabel fiber optik. Sebagai contoh misalnya,
sebuah sekolahan atau kampus mempunyai sebuah koneksi MAN yang terdiri dari beberapa LAN dan berada pada radius beberapa kilo dari sekitar tempat tersebut. Lalu kampus dengan koneksi MAN tersebut mempunyai hubungan juga dengan universitas-universitas lainnya guna membentuk sebuah WAN atau internet.


Ada pun contoh lain dengan beberapa teknologi yang menggunakan koneksi MAN seperti ATM, FDDI dan SMDS. Berikut dibawah ini saya beri penjelasan juga tentang ATM, FDDI dan SMDS.


1. ATM atau Asynchronous Transfer Mode bukan Anjungan Tunai Mandiri ya. ATM adalah protokol jaringan cell relay yang meng-enkodekan lalu lintas atau traffic data ke bentuk cell yang lebih kecil seperti 53 byte, 48 byte dan 5 byte.


2. FDDI atau Fiber Distributed Data Interface merupakan standar transmisi data dalam sebuah LAN yang mencakup jangkauan lumayan jauh yaitu hingga 200 kilometer. FDDI ini juga dapat mencakup ribuan user. Standar medium yang dipakai untuk menghubungkannya adalah fiber optik, walaupun sebenarnya bisa juga menggunakan kabel tembaga, tetapi dengan syarat harus sesuai dengan teknologi FDDI jika tidak maka transmisinya akan terganggu.


3. SMDS atau Switched Multi-megabit Data Services adalah layanan koneksi untuk LAN, MAN dan WAN dengan tukar menukar data berdasarkan standar IEEE 802.6 DQDB. Untuk koneksi antara MAN dan LAN bisa dilakukan dengan menggunakan sinyal radio, gelombang mikro dan infrared.

No comments:

Post a Comment