Thursday, November 1, 2012

Beberapa Tips Agar Baterai Laptop dan Notebook Tetap Awet


Beberapa Tips Agar Baterai Laptop dan Notebook Tetap Awet -  Selain keluhan masalah software bagi pengguna laptop tentu ada juga keluhan masalah hardware, salah satunya adalah baterai yang boros dan tidak bisa jauh-jauh dari charger. Bagi mereka pengguna laptop pasti akan merasa tidak nyaman ketika mereka bepergian dengan membawa laptop tetapi dengan kondisi baterai yang boros, terutama untuk mereka yang suka online di luar rumah untuk keperluan seperti trading bareng atau melakukan presentasi. Bagaimana caranya agar kondisi baterai kita lebih awet dan tidak boros?
Berikut ini ada beberapa tips agar baterai laptop / notebook  tetap tahan lama :
  1. Usahakan agar konsumsi daya dibuat sekecil mungkin agar tidak cepat menguras tenaga baterai, beberapa hal yang bisa di lakukan untuk menghemat konsumsi daya baterai : - Lakukan defrag pada hardisk secara berkala karena semakin bagus kinerja hardisk maka konsumsi daya juga semakin kecil. - Menambahkan / upgrade RAM, semakin cepat kemampuan kerja laptop maka daya yang dibutuhkan juga lebih kecil.
  2. Salah satu penyebab kerusakan baterai laptop adalah panas yang berlebihan ketika laptop digunakan dalam waktu yang lama, maka hal yang harus dilakukan yaitu : - Gunakan colling pad, alat ini bisa membantu melancarkan sirkulasi udara, sehingga dapat mengurangi panas.
  3. Gunakanlah laptop sampai baterai laptop hampir habis sebelum mencas kembali baterai laptop. (biasanya lampu power/standbay akan menyala dan alarm akan berbunyi ketika baterai hampir habis). Hal ini berguna untuk mencegah siklus pengecasan kembali yang terlalu sering. Dengan cara ini umur baterai laptop akan menjadi lebih panjang.
  4. Atur pilihan power sistem operasi komputer agar baterai bisa digunakan lebih lama. Di Windows XP, misalnya, klik menu “Start”, kemudian “Control Panel”, “Performance and Maintenance”, “Power Options” kemudian “Power Scehmes” pilih “Portable/Laptop” kemudian kill “OK”
  5. Jangan tinggalkan laptop dalam keadaan stand-by lebih baik gunakan fasilitas hibernate, hal ini dilakukan karena walaupun dalam kondisi Stand-by daya masih mengalir sehingga baterai menjadi boros oleh karena itu gunakan lah Hibernate.
  6. Jika laptop digunakan untuk waktu yang lama lebih baik copot baterai agar lebih menghemat cycle baterai.
  7. Kebanyakn laptop terbaru memiliki fitur BIOS advance yang bisa mengkontrol jumlah daya yang digunakan oleh setiap komponen internal laptop seperti CPU. Aturlpilihan power untuk memakasimumkan daya tahan baterai (lihat buku manual pengguna latpot bila perlu)
Demikian beberapa tips sederhana untuk menjaga baterai laptop maupun notebook agar lebih awet, tetapi walaupun sudah melakukan perawatan dengan baik suatu saat tetap ada saatnya kita terpaksa harus mengganti dengan baterai baru.
semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment